Info SMK 

Workshop 7 Kegiatan Implementasi Link & Match SMK Binaan BBPPPMPV BOE Malang

SMK Negeri 1 Kaliwungu menyelenggarakan kegiatan Workshop 7 Kegiatan Implementasi Link & Match SMK Binaan BBPPPMPV BOE Malang selama bulan September-November 2021 Lab Jurusan TB Lt 2. Kegiatan ini menggandeng PT. Nasmoco Solo Baru sebagi IDUKA pasangan dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK N 1 Kaliwungu

Acara dilaksanakan secara luring ( luar jaringan) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di antaranya semua peserta dan narasumber mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, dll. Acara Workshop ini terdiri dari 7 Kegiatan yang masin-masing dilaksanakan 3 hari untuk setiap kegiatan. Adapun pelaksanaan workshop tersebut terdiri dari

1. Workshop 1 Penyelarasan Kurikulum bersama IDUKA Nasmoco Solo Baru
2. Workshop 2 Penyusunan Program Pembelajaran
3. Workshop 3 Penyusunan Bahan Ajar
4. Workshop 4 Perencanaan Pelaksanaan dan Penilaian PKL
5. Workshop 5 Penyusunan rancangan Sertifikasi Kompetensi Siswa Oleh IDUKA
6. Workshop 6 Perencanaan Magang Guru dan Sertifikasinya
7. Workshop 7 Pelaksanaan Komitmen IDUKA untuk Rekrutment dan penyaluran Lulusan, serta pemanfaatan fasilitas bersama.

Bapak Mukimin, S.Pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Kaliwungu, menyampaikan bahwa jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK N 1 Kaliwungu memiliki keunggulan sebagai jurusan pertama dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti perkembangan SMK yang berbasis kerjasama dengan IDUKA atau Link and Match yang sedang dibangun di SMK N 1 Kaliwungu ,” tambahnya.

Pada kegiatan Workshop ini hadir Bapak Muklis selaku kordinator kerjasama PT. Nasmoco Solo Baru dengan pihak Sekolah. Beliau memberikan materi Peran IDUKA pada Pengembangan SMK. IDUKA memiliki beberapa peran dalam pengembangan SMK N 1 Kaliwungu di antaranya (1) tempat praktik industri/ praktik siswa, (2) tempat magang guru, (3) IDUKA sebagai tempat belajar budaya industri, dan (4) IDUKA berperan aktif dalam Penyelarasan Kurikulum serta program pembelajaran.

Beliau berharap nantinya kegiatan ini dapat menciptakan program sekolah yang dapat (1) menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, (2) meningkatkan dan memperkokoh keterkaitan dan kesepakatan ( link and match) antara lembaga pendidikan dan IDUKA, (3) meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas professional dengan memanfaatkan sumber daya pelatihan yang ada di dunia kerja, dan (4) memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses Pendidikan (sertifikasi kompetensi).

Peserta dalam workshop 7 kegiatan Implementasi Link & Match ini terdiri dari kepala lini kerja Wakil Kepala Sekolah WKS 1 bidang Kurikulum, WKS 2 bidang kesiswaan, WKS 3 bidang sarpras dan ketenagaan, WKS 4 bidang humas, Kepala program jurusan TKRO, TP, TBSM, TB dan TKJ, serta semua guru produktif jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Setelah paparan materi dari pemateri, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama IDUKA untuk berkolaborasi untuk setiap materi workhop yang dilaksanakan, hasil dari workshop ini diharapkan dapat menjadi pedoman jurusan lain untuk dapat melaksanakan workshop dengan IDUKA atau Link and Match dengan tema serupa.

 

MUKIMIN, S.Pd

Assamualaikum Wr Wb.

Pertama kita panjatkan puji syukur

kehadirat Allah SWT... ReadMore

 

 




 

121072
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
97
255
1151
118819
3622
4258
121072

Your IP: 54.92.164.9
2022-01-23 16:17